Pelaksanaan DAK Bidang Pendidikan Kab. Kerinci disinyalir Kankangi Petunjuk Teknis

INDONESIASATU.CO.ID:

Kerinci, Dikucurkannya Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang Pendidikan kepada daerah yang ada alam wilayah Republik Indonesia yang Bertujuan serta bersasaran untuk mendanai kegiatan bidang pendidikan Yang merupakan urusan wajib daerah sesuai prioritas Nasional sebagai upaya pemenuhan standar sarana dan prasarana pendidikan.

Dana Alokasi Khusus (DAK) yang langsung dikucurkan kepada satuan pendidikan yang diselenggarakan pemerintah daerah maupun yang diselenggarakan oleh masyarakat pada jenjang pendidikan SD, SMP, SMA, SMK, SDLB, SMPLB Maupun SKB.

Dalam pelaksanaan Dana Alokasi Khusus (DAK) wajib berpedoman pada petunjuk teknis Tahun 2018 dan lampiran peraturan Presiden No. 5 tahun 2018 tentang perubahan atas peraturan Presiden No. 123 Tahun 2016 Tentang petunjuk teknis Dana Alokasi Khusus Fisik

Meskipun dalam pelaksanaannya wajib mengacu pada petunjuk teknis secara Swakelola oleh satuan pendidikan selaku penerima bersama Komite Sekolah atau Tim Pelaksana Pembangunan Sekolah (P2S)  yang dibentuk oleh kepala sekolah.

Kenyataannya ini tidak terjadi pada pelaksanaan pembangunan ruang kelas belajar Sekolah Dasar Lubuk Pauh, Kecamatan Gunung Tujuh, Kabupaten Kerinci, berdasarkan Informasi yang diterima media ini melalui pesan singkat dari salah seorang warga yang bernama Alfian, pada pelaksanaan pembangunan Dana Alokasi Khusus (DAK) Sekolah Dasar Negeri Lubuk Pauh, yang dilaksanakan langsung oleh pihak dinas pendidikan Kab. Kerinci, dan menurutnya hal ini dibenarkan oleh Kepala Sekolah dan pihak Majelis Guru di sekolah tersebut. Lalu untuk apa adanya petunjuk teknis yang dikeluarkan oleh Menteri Pendidikan Nasional, Jika dalam pelaksanaannya bukan secara Swakelola, akan tetapi oleh dinas itu sendiri.

Ditambahkannya, jika ini tetap dibiarkan tanpa ada tindakan dari pihak yang berwewenang terutama pihak wakil Rakyat yang duduk di DPRD Kabupaten kerinci, khususnya Komisi I yang bertugas mengawasinya, tentu saja dunia pendidikan Kerinci menjadi bertambah parah, lihat saja sudah ada aturan tentang pelaksanaan Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang Pendidikan akan tetapi pihak Dinas Pendidikan Kab, Kerinci terkesan tidak mengindahkan Nya dan tetap saja melaksanakan pembangunan di Sekolah Dasar Lubuk Pauh. Apakah ini ada dugaaan serta upaya untuk mengais keuntungan pribadi dan kelompoknya, Bers- Doni antonius)

 

  • Whatsapp

Berita Terpopuler

Index Berita