Kades Gunung Labu Kec. Kayu aro, Bungkam, Terkait Dugaan Penyimpangan Dana Desa

INDONESIASATU.CO.ID:

Kerinci, pembangunan Drainase Di Desa Gunung Labu Kecamatan Kayu Aro Kabupeten Kerinci, yang mengunakan Dana Desa (DD) diduga menyalahi speksifikasi teknis dan acuan gambar kerja, dan diduga terjadinya perbuatan memperkaya diri sendiri dan kelompoknya

Hal ini di sampaikan Doni Antonius. AM Direktur Eksekutif Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Respect, ketika di minta tangapannya Selasa (16/08/2018) mengatakan, kami sangat kecewa melihat kinerja, fasalnya setelah kami disampaikan surat klarifikasi seputar pelaksanaan dana desa tahun 2018  ke Kepala Desa  Gunung Labu, kecamatan kayu Aro Barat, dengan nomor 06/klf-lsm/IX/2018, tgl. 20-09-2018,hingga sampai hari ini tidak pernah dijawabnya, diantara  yang kami dipertanyakan adalah : 

1. Mencermati Pekerjaan DDrainase/saluran Dana Desa Gunung Labu, apakah sudah benar menurut teknis dan gambar perencana, baik tingi,lebar saluran maupaun saluran campuran perbandingan matrial untuk pekerjaan beton, jika menurut bapak sudah benar tolong di pelajari kembali kennyataan lapangan pekerjaan dengan temuan kami saat di lapangan.

2. Dalam pelaksanaan pekerjaan fisik di lapangan terlihat bapak selaku Kepala Desa, ikut lansung melaksakan pekerjaan apakah benar informasi dari masyarakat bahwa dalam penggelola Dana Desa Gunung Labu, jika dalam penggurusan semua Adminitrasi, Keuangan laporan yang lansung di Kelola oleh bapak selaku Kepala Desa tampa melibatkan Perangkat Desa lainnya seperti BPD, Sekdes,Bendahara dan Kaur lainnya.

3. Apakah alasan bapak di lokasi pekerjaan tidak terpasang papan nama kegiatan yang sedang di laksanakan, ini jelas terlihat rendahnya adanya upaya keterbukaan informasi kepada masyarakat.

4. Jika dalam pelaksanaan fisikpembangunan Dranase/saluran lingkungan yang telah di laksanakan dengan banyak mengurangi polume beton apakah ini tidak merupakan suatu bentuk upaya pencurian demi meraih keuntungan.

5. Pada pelaksaan fisik bapak selaku Kepala Desa (Penangung Jawab Kegiatan) ikut melaksanakan pekerjaan di lapangan tentu saja insentif/honor dari Dana Desa juga bapak terima.

Ditambah kan doni, Menyingkapi kejadian ini, sudah seharus nya  sebagai seorang kepala desa yang merupakan penangung jawab penuh terhadap  kegiatan untuk Lebih terbuka/ transparan, kepada publik, khususnya dalam pelaksanaan pekerjaan  Fisik, yang terlaksana asal jadi ini, yang pada kenyataanya  pengecoran beton besar pada bahagin atas saluran  tipis pada bagian dinding belakang dan lebar pada bagian kepala salurannya, sehinga pekerjaan menjadi pencurian folume kubikasi penguna nahan beton Beton.

Menyingkapi semua kejadian ini, sudah selayaknya pemerintah daerah kabupaten Kerinci, melalui dinas Pemberdayaan pemerintah dan masyarakat, lebih bertindak tegas demikian juga dengan Pihak inspektorat Kerinci jangan hanya bisa menerima laporan secara administrasi saja sementara kenyataan fisik dilapangan penuh dengan Aroma korupsi. Dan menjadi ajang mengais Rezeki oknum-oknum tertentu, karena dalam hal ini, yang namanya pembangunan bukan saja realisasi angaran yang dipertangung jawabkan akan tetapi Mutu serta Kualitas pekerjaanya, agar apa yang sdh dibangun dapat dinikmati serta dimanfaatkan oleh masyarakat setempat, dalam kurun waktu yang lama. 

Sebagai sorang sosial kontrol, doni, berharap ini semua dapat menjadiperhatian khusus bagi pemerintah daerah, apa bila ada kepala desa yang menyalah gunakan Dana desa, lebih baik diserahkan kepada pihak yang berwajib, jangan hanya alasan pembinaan saja oleh pihak inspektorat nya. Dan dalam waktu dekat ini, kami akan menyampaikan laporan secara resmi kepada pihak yang berwajib agar kepala desa, Gunung Labu dapat di panggil serta diproses sebagai mana Hukum yang berlaku, Tegasnya (Yudi)

  • Whatsapp

Berita Terpopuler

Index Berita